Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KASUS PELANGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARAMENGGUNAKAN TEKNIK CREATIVE PROBLEM SOLVING

RINI SUMIARSIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara kelas XII SMA Negeri 5 Magelang dengan menggunakan teknik Creative Problem Solving (CPS). Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 bulan Agustus sampai dengan November 2022 dengan mengambil lokasi di SMA N 5 Magelang. Subjek penelitiannya yaitu seluruh peserta didik kelas XII IPS 1 dengan jumlah 36 yang terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan sebanyak 2 kali dalam dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) penggunaan teknik Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA N 5 Magelang dari rata-rata kategori “Kurang” pada Prasiklus (80,56%) menjadi rata-rata kategori “Sedang” pada Siklus I (66,67%) dan meningkat lagi menjadi rata-rata kategori “Tinggi” (52,78%) pada Siklus II. (2) penggunaan teknik Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA N 5 Magelang dari rata-rata 57,92 pada Prasiklus (ketuntasan 16,67%) menjadi 68,75 (ketuntasan 52,78%) pada Siklus I dan menjadi 81,11 (ketuntasan 94,44%) pada Siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...