Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 6, No 2 (2023)

Efektivitas Media Video Terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Pertiwi 1 Padang

Rini Yulia Fitri (Universitas Negeri Padang)
Damai Yani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Tantangan yang dihadapi siswa ketika mempelajari hiragana, ketidaktertarikan mereka pada bahasa tersebut, dan sifat usang dari materi yang sebelumnya digunakan untuk mengajarkan hiragana adalah tujuan dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media video pada siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang efektif dalam meningkatkan keterampilan hiragananya. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest dengan metodologi one group dan eksperimen kuantitatif. Strategi purposive sampling digunakan untuk memperoleh data siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 29 orang. Ada tiga puluh soal pada tes objektif pilihan ganda yang berfungsi sebagai alat pengumpulan data. Hasil uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima pada tingkat signifikan karena sig dari 0,05), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan hiragana posttest dibandingkan dengan pretest. Terbukti keterampilan hiragana siswa kelas XI IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang sangat dipengaruhi oleh media video.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...