Tantangan yang dihadapi siswa ketika mempelajari hiragana, ketidaktertarikan mereka pada bahasa tersebut, dan sifat usang dari materi yang sebelumnya digunakan untuk mengajarkan hiragana adalah tujuan dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media video pada siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang efektif dalam meningkatkan keterampilan hiragananya. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest dengan metodologi one group dan eksperimen kuantitatif. Strategi purposive sampling digunakan untuk memperoleh data siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 29 orang. Ada tiga puluh soal pada tes objektif pilihan ganda yang berfungsi sebagai alat pengumpulan data. Hasil uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima pada tingkat signifikan karena sig dari 0,05), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan hiragana posttest dibandingkan dengan pretest. Terbukti keterampilan hiragana siswa kelas XI IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang sangat dipengaruhi oleh media video.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023