JURNAL EDUAKSI (Jurnal Edukasi dan Penelitian Tindakan Kelas)
Vol. 1 No. 1 (2022): Eduaksi

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TENTANG OPERASI HITUNG MATRIKS di SMA PLUS DARUL HIKMAH

Titin Fatimah (Unknown)
Hermanto hermanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan PMR dengan siswa yang tidak menggunakan pendekatan PMR (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan PMR terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Plus Darul Hikmah tentang materi operasi hitung matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang diguanakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol, dari setiap kelas diberikan pretest dan postest. Analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji paired sample t-tes menggunakan bantuan program SPSS 21. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 75.83. Hasil uji paired sample t-tes menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0.025, karena 0.025 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji paired sample t-tes dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI tentang operasi hitung matrik di SMA Plus Darul Hikmah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Eduaksi merupakan artikel penelitian dan kajian tentang teori pendidikan, penelitian pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan, media pembelajaran pendidikan, pengembangan ...