Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar dengan variasi penyetelan   mixture adjusting screw   dan putaran    speed adjusting screw   . 2) Mengetahui pengaruh variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar Sepeda Motor. 3) Mengetahui pengaruh variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis Deskriptif untuk mengetahui tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar dengan variasi penyetelan  idle   mixture adjusting screw . Dan  idle   speed adjusting screw   serta mengetahui pengaruh variasi penyetelan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar.  Penelitian ini dilakukan di Bengkel Laboratorium PVTMO Unisvet. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2007 dipengaruhi dengan variasi  idle   Speed Adjusting Screw   dan  idle  mixture adjusting screw  dan celah katup. Teknik analisis data dengan deskriptif yang membandingkan pengaruh variasi  idle   speed adjusting screw   dan  idle mixture adjusting srew dan celah katup terhadap konsumsi bahan bakar Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2007.  Hasil penelitian : 1). Penelitian pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup (IN 0,02 – OUT 0,05) dan  idle  mixture adjusting screw  1/5, 1, dan 2 putaran dengan hasil  idle  mixture adjusting screw  (IMAS ) (1/5) yaitu 33 ml ( 2000 RPM ), 38 ml ( 3000 RPM ) dan 48 ml ( 4000 RPM ). Selanjutnya pada IMAS (1 ) yaitu 13 ml ( 2000 RPM ), 19 ml ( 3000 ) dan 26 ml ( 4000 RPM ). Kemudian pada IMAS (2) yaitu 12 ml ( 2000 RPM ), 17 ml ( 3000 RPM ) dan 23 ml ( 4000 RPM). 2). Pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup ( IN 0,05 – OUT 0,08 ) dan  idle  mixture adjusting screw  1/5, 1, dan 2 putaran. Dengan hasil  idle  mixture adjusting screw  ( IMAS ) (1/5) yaitu 24 ml (2000 RPM), 32 ml (3000 RPM) dan 43 ml (4000 RPM). Hasil dari IMAS (1) yaitu 12 ml (2000 RPM), 17 ml (3000 RPM) dan 23 ml (4000 RPM). Kemudian hasil dari IMAS (2) yaitu 10 ml (2000 RPM), 15 ml (3000 RPM) dan 22 ml (4000 RPM ). 3). Dari hasil penelitian pengaruh konsumsi bahan bakar dengan celah katup (IN 0,15 – OUT 0,15) dan  idle  mixture adjusting screw  (1/5, 1 dan 2) putaran selama 3 menit, menunjukkan hasil  mixture adjusting screw  (IMAS) (1/5) yaitu 22 ml (2000 RPM), 29 ml (3000 RPM) dan 38 ml ( 4000 RPM). Hasil dari IMAS (1) yaitu 10 ml (2000 RPM), 15 ml (3000 RPM) dan 21 ml (4000 RPM). Kemudian hasil dari IMAS (2) yaitu 9 ml (2000 RPM), 14 ml (3000 RPM) dan 19 ml (4000 RPM).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021