Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari - Juni 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ATKTIF TIPE ROLE PLAYING MODELS PADA MATERI HORMAT DAN PATUH TERHADAP ORANG TUA DAN GURU

Murdiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode pembelajaran aktif tipe Role Models pada siswa kelas VIII.A SMP N 17 Tanjab Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana objek penelitian hanya berpusat pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan metode pembelajaran aktif tipe Role Models pada siswa kelas VIII.A SMP N 17 Tanjab Timur. Adapun prosedur penelitian ini mencakup : Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan metode observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Role Models dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 17 Tanjab Timur dapat mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari data awal akhlak siswa (pra survey) 30.30 % meningkat menjadi 51.51 %. Pada siklus II meningkat sebanyak 78.78 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran aktif tipe Role Models dapat meningkatkan akhlak siswa pada siswa kelas VIII.A SMP N 17 Tanjab Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...