Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

PENERAPAN METODE PUMPING TEACHER UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI STAP 7 TANJUNG JABUNG TIMUR

Mat Zukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dari observasi awal peneliti di Sekolah Menengah Pertama Negeri STAP 7 Tanjung Jabung Timur tentang penerapan metode pumping teacher untuk memotivasi belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode Pumping Teacher adalah suatu usaha seorang guru sebagai yang pro aktif untuk menggali bakat potensi diri peserta didik untuk termotivasi dalam pengajaran yang dilakukannya. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sampel Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik serta melakukan pengamatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. Teknik analisis data dilakukan dengan pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan cara kreadibilitas. Kreadibilitas data adalah upaya peneliti utuk menjamin kesahihan data dengan mengkonfirmasikan data yang diperoleh pada saat pengumpulan data yaitu, Triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan ketekunan pengamatan. Hasil dalam penelitian ini adalah, proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas selalu menuntut adanya motivasi dalam diri setiap siswa. Keberadaan motivasi dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek belajar dan pembelajaran. Penerapan metode Pumping Teacher di SMP Negeri STAP 7 guru bukan hanya bisa memberikan motivasi kepada siswa tetapi dapat mencetak generasi yang berkarakter. Dalam penerapannya guru memiliki kendala, yaitu: Kurangnya pemahaman dari siswa, Tidak semua siswa aktif dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda, dan Tidak ada dorongan dari orang tua terhadap siswa dan tidak ada kerjasama antar guru dan orang tua siswa. Dan guru memiliki upaya dalam menghadapi kendala dalam memotivasi siswaguru sudah membangun komunikasi yang baik antar guru dan siswa, antar guru dan orang tua; guru sudah memberikan penguatan verbal dan non verbal secara jelas kepada siswa; guru sudah menjalin hubungan emosional yang dalam terhadap siswa sehingga siswa merasa nyaman, guru memberikan penguatan-penguatan yang dapat memotivasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...