Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI JUJUR, AMANAH DAN ISTIQAMAH SISWA SMPN 15 TANJUNG JABUNG TIMUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SELAMA PANDEMI COVID-19

Masjidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar yang rendah dan juga penggunaan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 15 Tanjung Jabung Timur. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi jujur, amanah, dan istiqamah di SMPN 15 Tanjung Jabung Timur? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selain itu, penelitian ini menggunakan beberapametodepenelitiansepertiobservasi,wawancara,dokumentasi dan tes. Oleh karena itu, data yang diperoleh oleh peneliti melalui data observasidikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Selain itu, dengan penelitian tindakaniniakan diketahui peningkatan setelah proses tindakan per-siklus. Hasil dari penelitian ini berupa adanya kenaikan hasil belajar secara signifikan pada tiap siklus. Sebelum menerapkan model pembelajaran snowball throwing rata-rata kelas hanya 58,57. Jumlah siswa tuntas hanya 4 orang (17,24%), sedangkan siswa yang beum tuntas sebanyak 24 orang (82,76%).Siklus I, sudah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan memperoleh nilai rata-rata menjadi 70 pada siklus I dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 13 siswa atau sebesar (46,43%), sedangkan siswayang masih belum tuntas sebanyak 15 orang (53,57%). Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat secara signifikan menjadi 80,9 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 23 siswa atau sebesar (82,76%), sedangkan siswa yang masih belum tuntas sebanyak 5 orang (17, 24%). Dengan demikian pada siklus II telah berhasil meningkatan keaktifan danhasil belajar siswa dengan maksimal dan telah mencapai target yang telah ditetapkan, serta penelitian ini dinyatakan berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...