Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh dan keberhasilan dari strategi pembelajaran picture to picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX.A yang pada awalnya memiliki nilai rata-rata yang jauh dari kriteria ketuntasan minimum, serta permasalahan-permasalahan lain yang ditemukan dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Seperti hasil belajar siswa menjadi turun drastis. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan strategi pembelajaran picture to pcturedengan alasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang gunakanyaitu penelitian tindakan kelas,yaitu suatu kegiatan belajar yang berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelasuntuk memperbaiki dan meningkatkan mutu dalam praktek pembelajaran, Dilakukan selamatiga kali siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Tiap siklus memiliki hasil yang berbeda-beda, seperti perubahan pada perilaku dan hasil belajar tiap anak yang cenderung mengalami peningkatan yang signifikan. Sampai pada siklus terakhir yaitu siklus II kelas IX.A SMPN 1 Tanjung Jabung Timur berhasil mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian yang diperoleh dari prasiklus, siswa masih cenderung diam saat pembelajaran dan hanya beberapa siswa yang aktif. Hasil dari tes tertulis yang diperoleh juga masih banyak yang jauh di bawah KKM, yaitu rata-ratanya masih 56 yaitu dari 25 siswa hanya4 orang yang lulus. Pada siklus I telah diterapkan strategi pembelajaran Picture to picture siswa mulai belajar dan membiasakan diri dengan alur pembelajaran denganmetode baru, serta mulai aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus I sudah mulai mengalami kenaikan dengan rata-ratanya 70 yaitu siswa yang lulus mencapai 10 siswa, yang belum tuntas ada 15 orang dari 25 siswa keseluruhan. Sehingga masih perlu dilakukan siklus selanjutnya karena belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Pada siklus II siswa telah terbiasa dan aktif dalam pembelajaran picture to picture, siswa telah aktif dalam diskusi kelompok yang telah dibentuk. Hasilnya, dari tes tertulis yang dilakukan, rata-rata yang diperoleh yaitu 83 dengan siswa yang lulus sebanyak 22 siswa dari keseluruhan siswa yaitu25 siswa.
Copyrights © 2022