Pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, karenanya, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal. Dalam materi PAI, hasil belajar siswa SMPN 12 Tanjung Jabung Timur tergolong rendah. Hal itu bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada saat kelas VII.C yang menyatakan bahwa siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk mengatasi masalah ini dicoba mencari solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi asmaul husnah dengan menggunakan strategi “resitasi” yaitu strategi pembelajaran yang menggunakan tiga tahapan proses yaitu membuat lagu, Berkelompok dan Menyanyikan.Proses pelaksanakan penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus 1 dan 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan 1 melakukan tahap ”membuat tugas secara berkelompok”, sedangkan pertemuan 2 melakukan tahap ”resitasi”. Strategi “tugas” terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa penguasaan konsep 20,46% dan penerapan 13,63%. 100% siswa menyatakan bahwa strategi“Bernyanyi” menyenangkan dan mampu membuat suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan sehingga siswa menjadi termotivasi ”beresitasi” juga membawa manfaat positif terhadap kemampuan siswa mengungkapkan hasil pembelajaran melalui kata- kata dan berfikir kritis.
Copyrights © 2022