Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kinerja guru di SMP Negeri 5 yang diakibatkan oleh rendahnya kesadaran guru untuk belajar, kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional, dan kurang efektifnya PKG, serta supervisi pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi. Kondisi tersebut akan dapat menghambat terkendalanya berbagai proses dalam pengelolaan pendidikan di sekolah tersebut, dan autput hasil prosesnya tidak akan dapat sesuai dengan yang diharapkan untuk peningkatan mutu pendidikan. Bertolak dari kondisi yang telah diuraikan sebagai permasalahan di atas, maka melalui penelitian ini diharapkan kepala sekolah mampu memainkan perannya sebagai manajer dalam pengelolaan sekolah, terutama dalam hal pengawasan dan supervisi terhadap guru sebagai upaya meningkatkan kinerja profesional guru. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan makapelaksanakanini dilaksanakan secara siklus. Pelaksanaannya selama dua siklus. Siklus-siklus itu merupakan rangkaian yang saling berkelanjutan, maksudnya siklus kedua merupakan kelanjutan dari siklus pertama. Setiap siklusnyaselalu ada persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini dalam upaya Meningkatan Kinerja Profesional Guru SMP Negeri 5 Tanjung Jabung Timur Melalui Supervisi pembelajaran adalahPertama, tentang peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran Kedua, peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaranketiga, peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar Keempat, peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasibelajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022