Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023

HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI SHALAT BERJAMAAH DENGAN DITERAPKANYA METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS VII SMPN SATAP 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

Siti Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didik pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing65,85%, 78,00%, dan 87,80%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...