Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru
Vol. 14 No. 1 (2022): TING XIV 2022

Peranan Pendidik Terhadap Pengejawantahan Merdeka Belajar Melalui Pendekatan Heutagogi

Jalaludin Rumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Pendidikan di Era Digital/Virtual membutuhkan strategi dengan metode pembelajaran yang mampu merespon perkembangan dan kebutuhan pemelajar secara kontekstual. Olehnya itu, kajian ini mencoba untuk menilik dari posisi Prodi PGSD dalam mereproduksi para calon pendidik yang seharusnya mampu meretas persoalan ini. Untuk menganalisisnya digunakan metode studi kasus diagnostik dengan teknik internet searching terhadap penerapan Belajar dari Rumah. Studi diagnostik ini ditemukan bahwa pemahaman dan penguasaan pendidik atas model pembelajaran dan metode pengajaran dalam e-learning secara synchronous dan asynchronous berbasis Learning Management System dan/atau platform/aplikasi pembelajaran dalam perspektif Open Educational Resources merupakan faktor utama dalam menghadirkan proses pembelajaran yang interaktif dan integratif selama pandemi Covid-19. Program Guru Belajar dan Berbagi, merupakan bentuk pelatihan aplikatif dan efektif untuk meningkatkan dan memperkuat kualitas, profesionalitas, dan kreativitas pengajaran guru dalam mengoptimalisasikan pengaplikasian elearning dengan mengkombinasikannya ke dalam pembelajaran di ruang kelas secara komprehensif. Pengejawantahan Merdeka Belajar melalui pendekatan heutagogi menjadi sorotan kajian terhadap peningkatan dan penguatan kualitas, profesionalitas, dan kreativitas pendidik mewujudkan pemelajar mandiri sebagai basis dari Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ting

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Prosiding TING merupakan artikel yang diterbitkan dari konferensi nasional Temu Ilmiah Nasional Guru yang diadakan setiap tahunnya pada bulan ...