Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 1 No. 1 (2023): Abuya Jurnal Pendidikan Dasar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MELALUI MEDIA PUZZLE MAKER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Imroatul Maufidhoh (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura)
Ismil Maghfirah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran yang berbasis kecerdasan buatan melalui media puzzle maker pada siswa sekolah dasar serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini terhadap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan metode studi literasi dan observasi (pengamatan). Untuk itu, pengumpulan data dilakukan melalui kajian literasi dengan melakukan pengkajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki judul hampir sama dengan penelitian ini. Pengumpulan data juga dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap beberapa pembelajaran yang telah menggunakan kecerdasan buatandi SDN Pakong 2. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang berbasis kecerdasan buatan termasuk salah satu inovasi dalam bidang pendidikan. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan ini membawa dampak positif dalam perkembangan kognitif siswa seperti halnya membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran serta membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...