Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media gelas bilangan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilakukan oleh peneliti dengan merancang, melaksanakan dan mereflesikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran melalui suatu tindakan tertentu dalam suatu siklus. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Taggart. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 74,7 menjadi 93,8. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 70 lebih banyak dibanding siklus I, yaitu sebanyak 17 atau seluruh siswa mencapai nilai ≥ 70 (100%). Data yang dihasilkan pada siklus II ternyata sudah memenuhi keberhasilan. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran gelas bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023