Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa, sehingga perlu dianalisis kesulitan-kesulitan yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dokumentasi. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca dan menyusun kosakata siswa kelas 1 SD GROBOGAN . Hal ini disebabkan oleh pembelajaran membaca kosakata belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas 1 mengalami kesulitan ketika diminta membaca. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat dengan menggunakan media FlashCrad. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yang terdapat dalam dalam pembelajaran membaca siswa kelas 1. Hasil penelitian yang telah disimpulkan yaitu kesulitan membaca kosakata pada siswa sekolah dasar kurang minat belajar membaca dan kurang bimbingan, kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar yaitu belum mampu mengenal huruf, belum mampu membaca suku kata, belum mampu membaca kata, dan belum mampu merangkai susunan kata huruf dalam mengeja kata.
Copyrights © 2024