Dalam belajar bahasa diperlukan empat kemampuan berbahasa yaitu membaca (yomuryoku), mendengarkan(kikuryoku), berbicara (hanasuryoku) dan menulis (kakuryoku). Empat kemampuan tersebut saling berhubungansatu dengan yang lain. Sedangkan, pada Perguruan Tinggi pembelajaran bahasa Jepang antara kemampuan satudengan kemampuan yang lain terpisah pengajarannya dalam bentuk Mata Kuliah (MK). Oleh karena itu untukmengintegrasikan antara kemampuan berbahasa yang satu dengan kemampuan bahasa yang lain makaditerapkan metode integratif pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang.Tujuan Penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan penggunaan metode tematik integratif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang semester 4 (angkatan 2013)Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2015. Data penelitiandikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan hasil belajar, kemudian dianalisis dengan caraanalisis deskriptif kualitatif. Pembelajaran menggunakan metode tematik integratif dapat dijadikan salah satumetode alternatif ketika dalam bahasa khususnya bahasa Jepang, melalui metode tersebut diantaranya; dapatmenjadikan mahasiswa aktif, mahasiswa dapat menggunakan bahasa Jepang secara kontekstual, mahasiswadapat berpikir kritis dan dapat memudahkan mahasiswa dalam memperoleh materi yang diberikan.Kata kunci: Metode tematik integratif, bahasa Jepang
Copyrights © 2015