Jurnal Teknologi Informasi Indonesia
Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (Mei)

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Hendra H. Dukalang (Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Dini Lestari (Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Abstract— Tujuan penelitian ini membuat media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran jaringan dasar menggunakan macromedia flash. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R & D). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan teknik komputer jaringan tahun ajaran 2016/2017 di SMK Negeri 1 Batudaa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, dan tes. Data yang telah diperoleh melalui test kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan metode konvensional dan media pembelajaran interktif . Kemudian angket dianalisis menggunakan skala likert. Angket yang diberikan kepada guru sebagai ahli media sekaligus ahli materi mendapatkan presentase sebesar 80% sedangkan angket yang diberikan pada kelas ekperimen (prorses pembelajaran yang diberi perlakuan media pembelajaran) memperoleh presentase sebesar 79,09%. Dan angket yang diberikan pada kelas kontrol (prorses pembelajaran konvensional) memperoleh presentase sebesar 52,00%. Kemudian hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mendapat presentase sebesar 47,92% sedangakan yang tidak menggunakan alat bantu media pembelajaran mendapatkan presentase sebesar 39,99%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan alat bantu media pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan alat bantu media pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTII

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

JTII (JURNAL Teknologi Informasi Indonesia) adalah Jurnal yang menaungi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Ilmu Komputer dan Rekayasa Komputasi beserta penerapanya, yang dikelola oleh PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK GORONTALO. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November ...