Jurnal Bahusacca
Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha

Narsih Narsih (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Hariyanto Hariyanto (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Sujiono Sujiono (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMP Smaratungga Ampel. Penelitian dilakukan di SMP Smaratungga Ampel dan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada siswa beragama Buddha di SMP Smaratungga Ampel. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 3,130 > 1,681. Sedangkan besarnya pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa dapat dilihat dari nilai B yakni sebesar 0,451 yang berarti jika variabel media gambar naik satu satuan maka minat belajar siswa naik sebesar 0,451 dengan asumsi variabel lain konstan atau nol. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 3,158 > 1,681. Sedangkan besarnya pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai B yakni sebesar 0,086 yang berarti jika variabel media gambar naik satu satuan maka prestasi belajar siswa naik sebesar 0,086 dengan asumsi variabel lain konstan atau nol.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...