Jurnal Bahusacca
Vol. 2 No. 2 (2021): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Problematika Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD N 1 Pokoh Kidul

Widya susanti (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika dan solusi terhadap problematika guru dalam pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan difokuskan ke arah informasi kesatuan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni problematika yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka oleh rendahnya inovasi dalam proses pembelajaran dan terkendala pada pengorganisasian kelas dikarenakan diagnostik awal kurang jelas bentuk penilaiannya sehingga kebutuhan peserta didik kurang sesuai dengan fasilitas belajar. Alternatif yang dilakukan guru yakni kepala sekolah memberikan instruksi kepada guru untuk mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan implementasi kurikulum merdeka, guru mengikuti kegiatan pendampingan/pelatihan/sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka, guru mengklasifikasikan peserta didik berdasarkan kemampuan, serta mengembangkan media secara mandiri menggunakan media yang sederhana dan mudah didapat untuk memberikan pemahaman konsep dasar pada pembelajaran matematika. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Problematika Guru, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...