Jurnal Bahusacca
Vol. 2 No. 2 (2021): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Evaluasi Kemampuan Belajar Membaca Siswa Kelas 2 Di SD N 6 Wonogiri

Vemia Wulandari (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran membacapermulaan Bahasa Indonesia di kelas II SD N 6 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan meliputi wawancara dengan guru dan siswa, observasi terhadap kegiatan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran membaca permulaan di sekolah tersebut menggunakan evaluasi hasil yang terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan melalui tes lisan, sedangkan evaluasi sumatif dilakukan melalui tes objektif. Evaluasi proses dilakukan untuk meninjau perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan proses pembelajaran. Evaluasi perkembangan membaca siswa terbagi menjadi evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini memberikan gambaran tentang evaluasi pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD N 6 Wonogiri dan dapat menjadi dasar untuk perbaikan proses pembelajaran membaca di sekolah tersebut. Kata Kunci : Evaluasi, Membaca Permulaan, Kelas II SD N 6 Wonogiri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...