Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar

Studi Implementasi Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren

Syafruddin Amir (Sekolah Tinggi Islam (STAI) Syamsul ‘Ulum)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Kajian tentang modernisasi pendidikan di pesantren cenderung membahasmasalah reformasi, perkembangan sistem pendidikan Islam danintergrasinya pada pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untukmengkaji implementasi modernisasi pendidikan di pondok pesantren.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi,yaitu teknik menyalin dokumen atau referensi buku-buku yang berkaitandengan isi materi penelitian ini. Analisis data dilakukan bersamaan dengansambil pengumpulan data dan setelah pengumpulan data secara simultan.Langkah analisis data ini meliputi mengatur urutan data, memisahkansetiap satuan data sesuai aturan analisis terkait rumusan masalah danpenafsiran data. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa modernisasipendidikan di lingkungan pondok pesantren dilakukan dengan mendirikanlembaga pendidikan formal yang sejalan dengan kebutuhan konsumenpendidikan, tuntutan kehidupan modern, dan kebutuhan intelektual Muslimberikutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...