Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2020): Filsafat, Strategi & Metode Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar

Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Zenna Hara Lestari (Unknown)
Jasmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan di SMK Plus An-Naba Sukabumi di kelas X AP 2. Pada penelitian ini, dilakukan empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis, analisis data pada aspek kognitif digunakan gain skor. Berdasarkan hasil penelitian nilai tes akhir mata pelajaran PAI pada siklus I sebesar 46,9 dan N-gainna sebesar 0.29, sedangkan rata-rata nilai tes akhir mata pelajaran PAI pada siklus II sebesar 71,05 n N-gainnya sebesar 0,31. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...