Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2021): Kefektifan Kegiatan Pembelajaran

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Kedisiplinan Peserta Didik

Herna Hendarina (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Ridhawati (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Dewasa ini kebutuhan akan SDM yang berkarakter positif sangat mendesak. Maka berdirinya SMPIT Yaspida Sukabumi yang menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu tujuan pokoknya cukup melegakan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti memilih tempat tersebut sebagai lokus penelitian dengan harapan dapat mengetahui implikasi penerapan pendidikan karakter di sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengesahan diusahakan melalui proses triangulasi data dan pengamatan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima karakter utama dalam pendidikan di SMPIT Yaspida, yaitu nilai-nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, kerja keras dan kemandirian. Internalisasi kelima nilai tersebut diusahakan melalui berbagai kegiatan rutin di SMPIT Yaspida. Implikasinya, kedisiplinan peserta didik di SMPIT Yaspida tumbuh dengan baik dalam diri para peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...