Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu

Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan

Ridwan Saepudin (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Beni Kurniawan (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Reward dan punishment menjadi bagian dari proses pembelajaran. Kurangnya kedisiplinan dalam belajar peserta didik menjadikan reward dan punishment sebagai alternatif guru PAI dalam mendisiplinkan belajar peserta didik SMP IT Assakinah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak reward dan punishment dan proses mendisiplinkan peserta didik peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian dua orang guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) bentuk reward dan punishment meliputi: a) Reward verbal (berupa pujian, mengiyakan dan menyatakan sependapat terhadap argumen peserta didik), b) Reward nonverbal (berupa pemberian alat tulis, buku, pulpen dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi peserta didik). 2) Sementara punishment meliputi: a) Pemberian tugas (membaca buku dan menghafal ayat ataupun hadits), b) Membersihkan tempat ibadah, dan c) Membersihkan lingkungan sekolah. 3) Penerapan reward dan punishment memberikan perubahan kesediplinan pada peserta didik berupa perubahan sikap, aktif dan lebih menghargai guru dan sesama peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...