Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu

Transformasi Kebijakan Madrasah dari Nizham al-Mulk sampai Masa Awal Kemerdekaan Indonesia

Rasyid Ridlo (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tercatatnya lembaga pendidikan yang bernama “Madrasah” di dalam BP-KNIP tanggal 27 Desember 1945 merupakan awal perjuangan dari warga madrasah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana tranformasi madrasah yang dibangun oleh Khalifah Bani saljuk sampai hadir di Indonesia dan tercatat dalam Kebijakan Nasional. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan library research dan bersifat kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa terjadi tranformasi madrasah sejak dari Madrasah Nizamiah sampai ke Indonesia, lembaga pendidikan yang bernama Madrasah di baghdad menginspirasi institusi pendidikan Islam di Indonesia yang dibawa oleh kerajaan di Indonesia. Kedatangan Belanda dan Jepang dengan mengeluarkan kebijakan pendidikan maka lembaga pendidikan Islam bertranformasi. Setelah Indonesia merdeka, pendidikan agama telah mendapat perhatian pemerintah, baik yang diselenggarakan negara maupun swasta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...