Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2022): Menuju Pendidikan yang Bermutu

Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Welly Liswanti (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
UK Anwarudin (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Orang tua merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi peserta didik, dengan demikian, bentuk pertama dari Pendidikan terdapat dalam keluarga. Pandemi Covid-19 tengah mewabah hampir di seluruh pelosok negeri. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai peran orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, analisis dokumen, diskusi serta transkip observasi. Penelitian ini menemukan bahwa Keterlibatan orang tua dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMPIT Adzkia Sukabumi terbukti meningkatkan motivasi peserta didik untuk tetap bersemangat dalam proses pembelajaran yang berdampak langsung pada meningkatnya prestasi belajar di masa pandemi covid 19 ini. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya Pendidikan yang diberikan oleh orang tua terhadap peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...