Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Penerapan Model Pembelajaran Personal Dalam Mendukung Diferensiasi Pengajaran Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Anatasia Anatasia (Prodi Pendidikan IPS Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini mengangkat topik penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pengajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendekatan metodologi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah melalui analisis studi kepustakaan yang telah ada. Pendekatan studi kepustakaan memfokuskan penelitian pada tinjauan literatur yang telah dilakukan sebelumnya dalam konteks penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Penerapan model pembelajaran personal ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk menggali potensi mereka secara optimal. Melalui pendekatan ini, siswa berkebutuhan khusus dapat merasa dihargai, terlibat, dan mencapai kesuksesan dalam proses pendidikan mereka. Dalam keseluruhan, pendekatan ini memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan inklusif. Model ini mendasarkan pada prinsip bahwa setiap siswa adalah individu unik dengan perbedaan dalam kemampuan, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman. Dalam model ini, peran guru adalah sebagai fasilitator dan pembimbing, yang memberikan dukungan yang sesuai bagi siswa, sambil memberikan mereka kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pengalaman belajar mereka. Salah satu aspek kunci dari model pembelajaran personal dan diferensiasi adalah kemampuan siswa untuk memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

chatra

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Chatra; Jurnal Pendidikan dan Pengajaran memiliki fokus utama pada penelitian, tinjauan teoritis, dan konsep-konsep konseptual yang berkaitan dengan berbagai aspek pendidikan di semua tingkat, termasuk sekolah dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Ruang lingkupnya mencakup analisis kurikulum, ...