Penelitian ini mengangkat topik penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pengajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendekatan metodologi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah melalui analisis studi kepustakaan yang telah ada. Pendekatan studi kepustakaan memfokuskan penelitian pada tinjauan literatur yang telah dilakukan sebelumnya dalam konteks penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Penerapan model pembelajaran personal ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk menggali potensi mereka secara optimal. Melalui pendekatan ini, siswa berkebutuhan khusus dapat merasa dihargai, terlibat, dan mencapai kesuksesan dalam proses pendidikan mereka. Dalam keseluruhan, pendekatan ini memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan inklusif. Model ini mendasarkan pada prinsip bahwa setiap siswa adalah individu unik dengan perbedaan dalam kemampuan, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman. Dalam model ini, peran guru adalah sebagai fasilitator dan pembimbing, yang memberikan dukungan yang sesuai bagi siswa, sambil memberikan mereka kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pengalaman belajar mereka. Salah satu aspek kunci dari model pembelajaran personal dan diferensiasi adalah kemampuan siswa untuk memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023