UMKM masih memiliki keterbatasan penggunaan teknologi yang disebabkan banyak usaha UMKM tidak mampu bersaing dengan pelaku usaha lain baik dari dalam maupun luar negeri. Permasalahan tersebut perlu dilakukan peningkatan pengatahuan pemanfaatan teknologi digital untuk memperluas pasar UMKM. UMKM yang efisien dan efektif harus terhimpun dalam 1 wadah yaitu “Creative Hub”. Creative Hub menjadi wadah bagi pengembangan kreatifitas, pertukaran informasi, promosi dan perluasan akses pasar bagi pelaku industry kreatif di Negeri Katon Pesawaran. Pelatihan perlu dilakukan agar pengetahuan dan kemampuan UMKM meningkat terutama perluasan pasar melalui digitalisasi bisnis dengan dimanfaatkan media sosial dan market place. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat terhadap Produk Kerajinan UMKM Tapis Negeri Katon Pesawaran, dapat disimpulkan bahwa: (1) pengabdian masyarakat menyampaikan pemahaman kepada mitra tentang pemasaran melalui e-commerce; (2) mitra bisa membuat toko online dan promosi melalui sosial media secara mandiri; (3) produk mitra dipasarkan dibeberapa market place dan sosial media; dan (4) hasil penilaian konsumen dinyatakan bahwa pemasaran produk mitra melalui e-commerce memiliki nilai informatif, persuasif (meyakinkan), dan intention (memiliki daya tarik) yang tinggi.
Copyrights © 2023