Branding adalah proses umum yang dilakukan di dunia pemasaran. Pemasaran branding digunakan untuk membedakan suatu produk sehingga terdapat pembeda untuk memunculkan ciri khasnya, hal tersebut akan mempermudah khalayak untuk mengingatnya. Personal branding adalah kegiatan yang dilakukan seseorang guna menimbulkan tanggapan positif dari khalayak. Hal itu dapat terjadi tergantung bagaimana seseorang membangun personal branding dirinya, oleh sebab itu personal branding sangat penting untuk seseorang yang ingin diakui oleh publik. Penelitian ini membahas tentang Bentuk Personal Branding Sisca Kohl Sebagai influencer di Media Sosial Tiktok. Tiktok saat ini adalah media sosial yang digunakan secara personal untuk mengekspresikan diri serta menjadi media untuk melakukan personal branding. Penelitian ini mengacu pada teori Five Brand Personality Traits. Ada lima skala dimensi brand personality dengan lima belas indikator yaitu sincerity (down-to-earth, honest, wholesome, cheerful), excitement (daring, spirited, imaginative, up to date), competence (reliable, intelligent, successful), sophistication (upperclass, charming), dan ruggedness (outdoorsy, though) dan kategori konten kekayaan dengan dua indikator video dan caption. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan akun Tiktok @siscakohl memenuhi lima skala dimensi Five Brand Personality Traits dengan proporsi yang berbeda. Dari lima skala dimensi brand personality, kategori Sincerity (ketulusan) mendominasi karakter yang membentuk personal branding Sisca dengan persentase sebesar 26,4%. Selain itu, hasil analisis pada kategori konten kekayaan menunjukkan bahwa akun Tiktok @siscakohl merupakan sarana untuk membentuk personal branding sebagai konten kreator karena Sisca konsisten dengan ciri khasnya dalam membuat konten dengan benda yang unik dan cheerful.
Copyrights © 2023