ILUMINASI: Journal of Research in Education
Vol 1, No 1 (2023): ILUMINASI: Journal of Reaserch in Education

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Silabus dan RPP Melalui Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Juwari Juwari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP melalui kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 8 guru dengan penjelasan 6 guru kelas, 1 guru PAI dan 1 guru Penjaskes di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester 2  Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ILUMINASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ILUMINASI: Journal of Reaserch in Education (E-ISSN: 2987-3274) is published twice a year by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah Blora, Indonesia. ILUMINASI is a multi-disciplinary, peer-refereed open-access international journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art ...