Perilaku caring perawat merupakan inti utama dalam pelayanan keperawatan. Pasien akan merasa puas atas perilaku caring atau kepedulian yang diberikan perawat kepada dirinya sebagai penerima layanan keperawatan. Pelayanan dikatakan mempunyai mutu yang baik apabila pasien sebagai penerima layanan keperawatan merasa puas atas jasa yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien yang menjalani terapi hemodialisis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dimana variabel dependen dan independen dilakukan observasi sekaligus pada satu satuan waktu. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 sampel. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa perilaku caring perawat berhubungan dengan kepuasan pasien didapatkan tingkat signifikansinya yakni (Pvalue = 0,022) yang berarti Pvalue< a = 0,05. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit Stella Maris Makassar. Perilaku caring yang baik akan berdampak pada kepuasan pasien sebagai penerima jasa pelayanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023