PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA DAN KEMAMPUAN DASAR KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA RENDANG Ni Nyoman Lisna HandayaniSTAHN MPU Kuturan Singarajalisna.handayani@gmail.com ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar berseri terhadap kemampuan bahasa dan kemampuan dasar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B TK Negeri Pembina Rendang yang terdiri 251 anak. Sebanyak 60 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan bahasa dan kemampuan dasar kognitif dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan kemampuan bahasa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar berseri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan dasar kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar berseri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Ketiga, secara simultan kemampuan bahasa dan kemampuan dasar kognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar berseri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar berseri, kemampuan bahasa, dan kemampuan dasar kognitif ABSTRACT This study aims to determine the influence of the media-assisted cooperative learning model images beamed to the basic language skills and cognitive abilities. This study was a quasi-experimental research with The Posttest-Only Control-Group Design. The population is all children in group B TK Negeri Pembina Rendang district comprising 251 children. A total of 60 students selected as the sample is determined by random sampling technique. Data basic language skills and cognitive abilities were collected by using observation sheet. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) aided 17:00 SPSS for windows. Results showed that: First, the ability of language skills among the students who follow the media-assisted cooperative learning model radiant picture is significantly better than students who take the conventional learning (F amounted to 15.38 and p <0.05). Second, the basic cognitive abilities among students who take the learning cooperative learning model of media images beamed aided significantly better than students who take the conventional learning (F amounted to 43.86 and p <0.05). Third, simultaneously basic language skills and cognitive abilities among students who follow the media-assisted cooperative learning model radiant image significantly better than students who take the conventional learning (F 36.71 and p <0.05).Keywords: media-assisted cooperative learning model beamed images, language skills, and basic cognitive abilities
Copyrights © 2020