ABSTRAKPendidikan anak usia dinipada hakekatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh.Pembentukan karakter harus dimulai sejak anak usia dini, karena anak usia dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Anak TK yang seharusnya belajar memahami dunia pendidikan dengan bermain, kini anak TK sudah dibebani dengan pelajaran menghitung. Jika ditinjau kembali tidak seharusnya anak TK dibebani pelajaran menghitung. Salah satu sekolah PAUD yang tanpa sadar telah memberikan calistung adalah Insan Prestasi School.Melalui permasalahan yang terjadi di masyarakat antara ketentuan menteri pendidikan dan kebudayaan  yang melarang calistung pada anak usia dini dengan praktik dilapangan. Membuat peneliti tertarik untuk meneliti pembentukan karakter pada anak usia dini di sekolah Insan Prestasi School. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan tiga teknik, observasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah data terkumpul, data dianalisis kualitatif berbentuk naratif  dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut:(1) model pembelajaran yang digunakan oleh Insan Prestasi School adalah model pembelajaran klasikal, model pembelajaran sental,dan model pembelajaran tematik, (2) proses pembentukan karakter pada anak usia dini Insan Prestasi School dilakukan dengan tiga tahapan kegitan  yaitu pada kegiatan awal atau pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Selain itu pembentukan karakter pada anak usia dini juga dilakukan dalam kegiatan pembiasaan, yaitu kegiatan rutin, spontan dan keteladanan.Kata Kunci: Pembentukan karakter, Anak Usia Dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020