Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini di TK Khalifah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitiam deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis menggunakan model miles dan hubermen yaitu rwduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai kewirausahaan DI TK Khalifah Banjarmasin tidak terlepas dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi agar kegiatan tersebut terarah dan sesuai dengan tujuan. 1) Perencanaan, dalam mengembangkan Kewirausahaan yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran di TK Khalifah, kepala sekolah dan dewan guru merancang program tahunan, semsester, mingguan dan harian di setiap tahun ajaran baru dengan berlandaskan pada kurikulum yang diberikan oleh TK Khalifah Pusat. Guru-guru yang berada dilapangan mengembangakan apa yang sudah tersusun sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah. 2) Pelaksanaan, kegiatan kewirausahaan di TK Khalifah Banjarmasin mengacu pada perencaaan yang sudah dirancang. Selanjutnya kegiatan diterapkan dengan menggunakan model sentra dengan tahapan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam mengenalkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak, TK Khalifah mengadaptasi cara penanaman karakter yang dipaparkan oleh Licona yakni moral knowing, moral feeling dan moral acting. Kewirausahaan values tersebut, ditanamkan oleh guru sejak anak datang ke sekolah sampai mereka pulang secara terintegrasi dengan berbagai kegiatan di Sekolah. TK Khalifah juga memiliki kegiatan tambahan lain seperti cooking day, berkaryawisata ke tempat pengolahan dan penjualan produk tertentu, market day dan ramadhan market. Kegiatan ini biasanya sudah terjadwal pada setiap puncak tema. 3) Evaluasi, Untuk mengevaluasi penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada anak, dewan guru menggunakan alat penilaian yang bervariasi, sesuai dengan kegiatan. Alat-alat penilaian yang digunakan di TK Khalifah Banjarmasin adalah lembar observasi, percakapan, produk, unjuk kerja dan catatan anekdot. Hasil dari penilaian ini dilaporkan kepada orang tua/wali murid sebagai bentuk pelaporan perkembangan anak selama di sekolah.Kata kunci: penanaman, nilai-nilai kewirausahaan, anak usia dini
Copyrights © 2021