Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana, (2) kesulitankesulitan pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana, dan (3) strategi-strategi yang dilakukan guru mengatasi kesulitan pengembangan bahasa pada anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah TK Weda Purana, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru di TK Weda Purana yang melaksanakan pembelajaran daring selama pemberlakuan belajar dari rumah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa: (1) upaya pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana dilakukan melalui aktivitas bercerita, bermain menebak gambar, maupun menirukan irama lagu, (2) kesulitankesulitan pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan BDR adalah ketersediaan sarana dan prasarana dalam melaksanakan pembelajaran, fokus dan minat anak yang terbatas selama mengikuti pembelajaran, serta dukungan dari orang tua, dan (3) untuk mengatasi permasalahan pengembangan bahasa telah dilakukan upaya melalui kerjasama dengan orang tua anak dan lebih mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang dibuat.Kata kunci: bahasa, BDR, perkembangan
Copyrights © 2021