Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2021)

ANALISIS KESULITAN PENGEMBANGAN BAHASA ANAK SELAMA PEMBERLAKUAN BELAJAR DARI RUMAH DI TK WEDA PURANA

I Ketut Dibia (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana, (2) kesulitankesulitan pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana, dan (3) strategi-strategi yang dilakukan guru mengatasi kesulitan pengembangan bahasa pada anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah TK Weda Purana, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru di TK Weda Purana yang melaksanakan pembelajaran daring selama pemberlakuan belajar dari rumah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa: (1) upaya pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan belajar dari rumah di TK Weda Purana dilakukan melalui aktivitas bercerita, bermain menebak gambar, maupun menirukan irama lagu, (2) kesulitankesulitan pengembangan bahasa anak selama pemberlakuan BDR adalah ketersediaan sarana dan prasarana dalam melaksanakan pembelajaran, fokus dan minat anak yang terbatas selama mengikuti pembelajaran, serta dukungan dari orang tua, dan (3) untuk mengatasi permasalahan pengembangan bahasa telah dilakukan upaya melalui kerjasama dengan orang tua anak dan lebih mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang dibuat.Kata kunci: bahasa, BDR, perkembangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...