IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PG PAUD Ni Luh Ika WindayaniSTAHN MPU Kuturan Singarajaikawinda@stahnmpukuturan.ac.id ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif mahasiswa mata kuliah strategi pengembangan 3 (sosial, emosi, moral, agama) prodi PGPAUD semester V STAHN Mpu Kuturan Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran mind map.Tujuan utama dari PTK adalah untuk memperbaiki/meningkatkan praktek pembelajaran secara berkesinambungan.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi.Observasi dilakukan dengan melakukan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis terhadap hasil mind map yang dibuat oleh mahasiswa prodi PGPAUD semester V STAHN Mpu Kuturan Singaraja mata kuliah strategi pengembangan 3.Rubrik penilaian yang digunakan untuk melatih berpikir kreatif mahasiswa PGPAUD meliputi (1) berpikir lancar (fluency); (2) berpikir luwes (flexibility); (3) berpikir orisinal (originality); dan (4) keterampilan mengelaborasi (elaboration). Hasil PTK menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGPAUD terlatih dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil observasi siklus I dan siklus II, peningkatan rata-rata siklus I sebesar 30,90 menjadi 38,91 pada siklus II. Ketuntasan klasikal mahasiswa mengalami peningkatan dari 54% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II.Kata Kunci: Berpikir Kreatif dan Model Pembelajaran Mind Map
Copyrights © 2020