JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan
Vol. 6 No. 2 (2016): Desember

MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGUKUR TTV MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Yuni Kurniawaty (STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2017

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam proses pendidikan dipengaruhi beberapa hal, diantaranya adalah motivasi belajar. Beberapa mahasiswa di STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo didapatkan 39% (dari 41 mahasiswa) kurang terampil dalam melakukan TTV di laboratorium. Karena itu, penulis mencoba melakukan penelitian tentang hubungan motivasi belajar dengan penilaian keterampilan mengukur TTV mahasiswa Prodi D3 Stikes Katolik St. Vincentius a Paulo.Desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian 34 responden. Teknik sampling menggunakan total sampling. Variabel independent yaitu penilaian keterampilan mengukur TTV, variabel dependent yaitu motivasi belajar. Analisa data dengan uji statistik Rank Spearman dengan signifikan ? = 0,05. Hasil uji statistik Rank Spearman didapatkan p = 0,269. Hasil p > ?, yaitu tidak ada hubungan motivasi dengan penilaian keterampilan TTV pada mahasiswa D3 Keperawatan Angkatan 2013 STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.Disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan motivasi dengan penilaian keterampilan TTV pada mahasiswa D3 Keperawatan Angkatan 2013 STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo, dikarenakan adanya faktor yang mempengaruhi pencapaian target keterampilan, maka kesiapan secara utuh yang terdiri dari kesiapan fisik, kesiapan emosi (motivasi), kesiapan pengalaman dan kesiapan pengetahuan tidak bisa dipisahkan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Jurnal Penelitian Kesehatan (JPK) merupakan jurnal berkala yang memuat hasil penelitian di bidang kesehatan khususnya Keperawatan, Kebidanan, Fisioterapi, Kedokteran dan bidang kesehatan yang lain. JPK diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya dengan ...