JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 3 No. 1 (2019): Desember

Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di PAUD Al-Hidayah Sumbersari Jember

Al Dhea Vigarani Cahyaninati (IKIP PGRI Jember)
Nostalgianti Citra Prystiananta (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia dini Kelompok A di PAUD AL-HIDAYAH di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, sampel penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD AL-HIDAYAH sebanyak 17 siswa. Metode pengambilan data dengan observasi dan tes perkembangan bahasa anak dengan melakukan pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai t hitung > dari t tabel, yakni 16,386 > 2,12 dengan demikian maka ada pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD AL-HIDAYAH Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...