Penelitian ini termasuk penelitian cksperimen dengan tujuan mengetahui pengaruh kegiatan bermain kreatif rainbow music bells terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok Al sejumlah 15 anak. Analis data dalam penelitian ini meliputi: 1) Analisis uji perorangan; 2) Analisis uji kelompok kecil; 3) Analisis uji kelompok besar; 4) Uji beda kemampuan anak usia dini sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells. Peneliti menggunakan rumus t sampel berpasangan (paired), dibantu dengan penggunaan sofhware SPSS ver 18.00 for windows dalam menganalisa data Hasil uji t sampel berpasangan, nilai t test (t hitung) sebesar -19,000 dan nilai signifikansinya (sig) sebesar 0,000. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-7 sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bermain rainbow music bells. Kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-7 pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Rukun Harapan Jember.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021