JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 4 No. 2 (2021): Juli

Pengaruh Kegiatan Bermain Berbasis Kreatif Rainbow Music Bells Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Rukun Harapan Jember

Cristina Renci Mahardika (UNIPAR Jember)
Ratnasari Dwi Ade Chandra (UNIPAR Jember)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian cksperimen dengan tujuan mengetahui pengaruh kegiatan bermain kreatif rainbow music bells terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok Al sejumlah 15 anak. Analis data dalam penelitian ini meliputi: 1) Analisis uji perorangan; 2) Analisis uji kelompok kecil; 3) Analisis uji kelompok besar; 4) Uji beda kemampuan anak usia dini sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells. Peneliti menggunakan rumus t sampel berpasangan (paired), dibantu dengan penggunaan sofhware SPSS ver 18.00 for windows dalam menganalisa data Hasil uji t sampel berpasangan, nilai t test (t hitung) sebesar -19,000 dan nilai signifikansinya (sig) sebesar 0,000. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-7 sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bermain rainbow music bells. Kegiatan bermain berbasis kreatif rainbow music bells memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-7 pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Rukun Harapan Jember.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...