Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan penting dalam kehidupan manusia khususnya yang berhubungan dengan STEM. Setiap orang harus dilatih kemampuan spasialnya agar menjadi modal dalam memecahkan masalah dalam kehidupannya. Aspek-aspek kemampuan spasial belum memiliki definisi yang jelas karena setiap peneliti mengkategorikannya dengan berbeda-beda dengan istilah yang berbeda-beda pula. Walaupun demikian, penulis menyimpulkan bahwa ada 4 kelompok kemampuan spasial yang dirangkum dari berbagai macam pendapat tentang pengkategorian kemampuan spasial yaitu Spatial Visualization, Spatial Orientation, Dynamic Spatial Ability, dan Formal Spatial Ability. Dari berbagai cara yang dilakukan oleh para peneliti dalam melakukan dukungan kepada sesorang untuk memperbaiki kemampuan spasialnya, dapat dirangkum bahwa kemampuan spasial dapat ditingkatkan melalui pelatihan penyelesaian masalah kemampuan spasial, meakukan aktivitas yang melibatkan obyek-obyek geometri, dan melakukan pembelajaran geometri yang di dalamnya melibatkan aktivitas nyata, aktivitas menggambar dan aktivitas berbantuan komputer yaitu software geometri yang dinamis. Untuk dapat mendukung peningkatan kemampuan spasial siswa maka pembelajaran yang diberikan haruslah mendukung siswa untuk melakukan aktivitas nyata yang melibatkan obyek-obyek geometri yang bervariasi dan menggambarnya. Selain itu, dukungan juga dapat diberikan melalui pembelajaran yang menggunakan bantuan software geometri yang dinamis. Keterlibatan ketiga unsur ini harus dicari dalam pembelajaran yang akan dipilih atau didesain. Hal ini sebagai salah satu cara melakukan pendekatan bertahap mulai dari kongkrit, representasional, sampai dengan abstrak.Kata Kunciâ STEM, Kemampuan Spasial, Peningkatan, Software, Geometry.
Copyrights © 2015