Keseimbangan pesawat terbang sangat mempengaruhi penerbangan, dimana jumlah penumpang dan bagasi yang dibawa oleh penumpang. Prosedur penanganan keseimbangan pesawat tersebut dapat diwujudkan dengan adanya petugas load control yang bertugas untuk mempersiapkan, mengontrol dan membuat dokumen muatan pesawat atau unit yang menerima data – data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait, yang kemudian harus di hitung untuk mendapatkan keseimbangan pesawat (Weight and Balance) yang optimum mengacu pada dua aspek yaitu Safety dan Economical operation yang telah ditetapkan oleh PT. Gapura Angkasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penanganan berat dan keseimbangan pesawat Garuda GA 320 Pada Saat Take Off dan Landing di Unit Load Control PT Gapura Angkasa sesuai dengan prosedur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui studi pustaka, literature, dan pengamatan umum di lapangan. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif. Landasan teori yang digunakan adalah teori studi pustaka. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan petugas Load Control melakukan perhitungan berat pesawat saat ini sudah menggunakan sistem komputer. Di mana semua data bisa di input melalui ALTEA informasi lengkap semua sudah tertera mulai dari jumlah penumpang, bagasi, cargo dan lainnya. Petugas load control harus mampu berkoordinasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan PT. Gapura Angkasa dan pelaksanaan mengacu kepada SOP (Standard Operating Procedure) load control. Kunci: Prosedur; Petugas; Keseimbangan; Penanganan
Copyrights © 2022