Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna spesifik dan konotatif yang terkandung dalam iklan penyedia internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, peneliti mengumpulkan data. Kedua, teknik membaca. Ketiga, teknik mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah klarifikasi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Data dari penelitian ini digunakan berupa tulisan dan gambar adegan yang ada di iklan penyedia jasa internet.. Sumber data dari penelitian ini adalah iklan provider internet, seperti iklan axis, xl, im3 ooredoo, indosat ooredoo, telkomsel, dan smartfreen. Hasil penelitian pada iklan provider internet xl terdapat makna konotasi yaitu xtra, turbo, flex, paling, fiber. Sedangkan, makna denotasi yaitu bebas, bonus, anti, lancar. Pada iklan provider internet axis makna konotasi yaitu irit, puedes, rawit, gaul dan better. Sedangkan, makna denotasi yaitu internetan, kebelet, awet, lancar. Pada iklan provider internet im3 ooredooo makna konotasi yaitu bonus, gold. Sedangkan makna denotasi yaitu langganan, bonus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023