Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan karya ilmiah di SMA HAS Sepakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Responden empat orang guru SMA HAS Sepakat dan siswa sebanyak tiga puluh responden. Hasil temuan penelitian yang memuat tanggapan dari empat orang guru dan tiga puluh siswa yaitu guru SMA mengenai kesulitan siswa dalam menyelesaikan karya ilmiah menunjukkan bahwa ada beberapa kendala yang tidak dapat diatasi siswa dalam menyelesaikan karya ilmiah. Mencari bahan referensi (referensi), menemukan topik, menulis judul, dan menyusun kalimat adalah beberapa di antaranya.Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan yang dihadapi. Pertama, faktor internal (karakteristik siswa, sikap belajar, konsentrasi belajar, kepercayaan diri, kemampuan menyelidiki hasil belajar, bakat yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran, kurang minat belajar, motivasi rendah, dan kesehatan mental yang buruk). Kedua, faktor eksternal (hal-hal yang terjadi di luar kendali siswa, seperti media pembelajaran yang tidak lengkap, kurikulum yang tidak dapat dijelaskan oleh guru dan kendali siswa, kurangnya kedisiplinan pada awal proses pembelajaran, teman bermain, keluarga, dan lingkungan sekitar, dan komunitas yang lebih besar).
Copyrights © 2023