Salah satu wujud penyediaan pelayanan kesehatan merupakan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik pasien rawat jalan pada RSUD H. Hanafie Muara Bungo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dari RSUD H. Hanafie Muara Bungo belum berjalan dengan maksimal. Dari 10 (sepuluh) prinsip-prinsip pelayanan publik hanya 6 (enam) prinsip yang berhasil dicapai, diantaranya Kesederhanaan; Kejelasan; Akurasi; Keamanan; Kelengkapan Sarana dan Prasarana; dan Kemudahan Akses. Kemudian 4 (empat) prinsip yang belum berhasil dicapai, diantaranya Kepastian Waktu; Tanggung Jawab; Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan; serta Kenyamanan. Hambatan dalam pelayanan pasien rawat jalan terletak pada tidak adanya SOP Rawat Jalan, kerusakan alat pendukung petugas, dan ketersediaan obat yang dalam waktu tertentu jumlahnya terbatas. Upaya yang dilakukan pihak RSUD H. Hanafie Muara Bungo yaitu berpatokan pada SOP Tindakan, melakukan perawatan alat pendukung pelayanan, dan membuat copy resep atau mengeluarkan obat yang kandungannya sama dengan obat yang dibutuhkan semestinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023