JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

ANALISIS SOAL BUATAN GURU MATEMATIKA MI AL-HIDAYAH

Siregar, Hita Paulina (Unknown)
Lestari, Ayu Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Alat evaluasi yang memiliki kualitas yang baik dapat mengukur kemampuan siswa dengan tepat. Oleh karena itu pembuatan soal tes hasil belajar siswa harus relevan dengan indikator dan tujuan yang ingin dicapai dari hasil tes. Butir soal buatan guru matematika MI AL-Hidayah Pekanbaru belum pernah dianalisis secara kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal tes buatan guru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara analisis dokumen butir soal buatan guru matematika kelas VI MI AL-Hidayah Pekanbaru berdasarkan tiga aspek materi, kontruksi dan bahsa/budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% soal sesuai dengan aspek substansi/materi, 50% sesuai dengan aspek konstruksi dan 50% sesuai dengan aspek bahasa. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi guru dalam memperbaiki soal ujian selanjutnya yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...