JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIAKOTAK PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4 SD

Ardianto, Surya (Unknown)
Sulasmono, Bambang Suteng (Unknown)
Setyaningtyas, Eunice Widyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah di SD N Lemah Ireng 01 pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kotak pengetahuan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Lemah Ireng 01 berjumlah 22 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pra siklus, menunjukan dari 22 terdapat 8 dengan nilai mencapai KKM dengan persentase 36% meningkat pada siklus I menadi 18 siswa tuntas dengan presentase 73% dan meningkat lagi pada siklus II mencapai 91%. Peningkatan ini terjadi karena siswa mulai memahami konsep Matematika. Dan guru menggunakan media kotak pengetahuan yang dapat membatu siswa memahami konsep Matematika melalui langkah langkah pembelajaran Teams Games TourThink Pair Share nament. Siswa lebih antusias dan aktif mengikuti setiap proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...