JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

ANALISIS PROFESIONALISME GURU ANAK USIA DINI DALAM MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI TK SABBIHISMA PADANG

Rumsiah, Zulfitrah Zulkifli (Unknown)
Nurhafizah, Nurhafizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Guru merupakan tonggak penentu keberhasilan sebuah proses pendidikan. Kemampuan guru dalam manajemen pengelolaan kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Pengelolaan kelas merupakan suatu kemampuan bagaimana guru menciptakan dan memelihara kondisi kelas sehingga tercapainya pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis profesionalisme guru anak usia dini dalam manajemen pengelolaan kelas di TK Sabbihisma Padang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu primer data primer berupa observasi, wawancara dengan guru kelas sebanyak 60 orang. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kinerja guru dalam pengelolaan kelas yakni berupa penataan sarana dan prasarana, pemanfaatan dinding, penyimpanan dan peletakan alat bermain, alat bermain di atur dalam ruangan, kelas dirancang menyenangkan, serta pengaturan cahaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan kelas di TK Sabbihisma Padang sudah baik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...