JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA MATERI POKOK PUISI RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Afriyeni, Afriyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Strategi think pair share (TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kelas VII 2 yang menggunakan model think pair share (TPS). terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan aktivitas guru meningkat dari 75% pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 menjadi 82%, dan aktivitas siswa 69% pada siklus 1 meningkat menjadi 79% pada siklus 2, dengan meningkatnya aktivitas guru dan siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus 1 ke Siklus 2 terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 26 siswa dari 30 siswa dengan nilai rata-rata 80 pada KD pengetahuan, sedangkan pada KD keterampilam siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 27 siswa dari 30 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata 82.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...