Kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Strategi think pair share (TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kelas VII 2 yang menggunakan model think pair share (TPS). terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan aktivitas guru meningkat dari 75% pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 menjadi 82%, dan aktivitas siswa 69% pada siklus 1 meningkat menjadi 79% pada siklus 2, dengan meningkatnya aktivitas guru dan siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus 1 ke Siklus 2 terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 26 siswa dari 30 siswa dengan nilai rata-rata 80 pada KD pengetahuan, sedangkan pada KD keterampilam siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 27 siswa dari 30 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata 82.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020