JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Sekolah Dasar

Gusmarini, Adriani (Unknown)
Rahmatina, Rahmatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di kelas IV SDN 02 Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yakni siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 02 Kubang. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 88,89% (B) dan 91,66% (SB) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 80% (B) dan 88,33% (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,66% (SB). Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I adalah 76,67% (C) dan 86,67% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Pada hasil belajar siswa rata-rata siklus 1 yakni 74,43 (C) dan 79,35 (B) meningkat pada siklus 2 menjadi 83,6 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...