JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar

Dania, Rama (Unknown)
Sukma, Elfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share untuk meningkatan proses pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV jumlah peserta didik 14. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pengamatan perencanaan siklus I dengan rata-rata 87,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,45% (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,65% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,65% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 73,65 (B) meningkat pada siklus II menjadi 84,85 (A-). Penelitian menunjukkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...